Tips Optimasi Query SQL Server

Diposting oleh T. Erick Sitorus | 07.28 | | 0 komentar »

Optimasi dapat berarti suatu cara untuk memperoleh kinerja maksimum. Maka Optimasi Query SQL Server berarti suatu cara atau tips untuk memperoleh kinerja maksimum dari Database SQL Server saat mengeksekusi perintah Query yang kita berikan.

Setelah berkelana menjelajahi puluhan tutorial di Internet yang saya dapatkan, saya coba share beberapa trik untuk optimasi Database SQL Server kita, antara lain :

1. Menentukan Tipe Data yang Tepat.
Hal ini sebenarnya gampang-gampang susah, perlu ketelitian dalam menganalisa tipe dari data-data yang hendak kita kelola. Sebagai contoh, Kita harus mengetahui kapan harus menggunakan tipe data char atau varchar. Keduanya sama-sama tipe karakter, bedanya char ukuran penyimpanannya tetap (fixed), sedangkan varchar ukuran penyimpanannya sesuai dengan panjang karakter data.

2. Hindari Allow Null
Kurangi penggunaan Allow Null, sebagai gantinya berikan nilai default bila field kosong. Nilai null mengonsumsi byte tambahan sehingga menambah beban saat akses query.

3. Hindari SELECT *
Perintah SELECT sangat umum digunakan, perintah SELECT dengan (*) akan mengakses seluruh field di suatu tabel. Bila tabel anda punya banyak field dan anda hanya memerlukan sebagian fieldnya saja, ada baiknya anda menentukan field yang hendak anda proses daripada menggunakan tanda (*).

4. Batasi ORDER BY
Pengurutan akan menambah konsekuensi menambah beban query karena akan menambah 1 proses yaitu sorting. Karena itu gunakan perintah ORDER BY hanya jika anda memerlukannya. Jika memungkinkan lakukan proses Pengurutan / Sorting pada aplikasi, bukan di Query.

5. Gunakan JOIN daripada Subquery
Daripada anda menumpuk beberapa Query sekaligus yang saling berhubungan, lebih baik anda menggunakan JOIN untuk menghasilkan performa yang lebih cepat.

6. Batasi Record yang dipanggil
Perhatikan bila table anda memiliki ratusan atau ribuan data, jangan memanggil seluruh data sekaligus. Disarankan anda melakukan Paging dengan membatasi Record yang keluar dengan menggunakan perintah TOP didalam perintah SELECT. Contoh : SELECT TOP 100... (sama dengan perintah LIMIT pada Mysql)

7. Link Gambar di Database
Ada pepatah mengatakan sebuah gambar bermakna sejuta kata namun tidak berarti anda harus menyimpan gambar tersebut di database, akan lebih optimal bila anda menyimpan path / lokasi dan nama file gambarnya saja.

Pasti masih banyak cara lain yang tidak mungkin dibahas semuanya disini. Mungkin anda juga tidak terlalu melihat perbedaan yang signifikan jika anda mengabaikan tips-tips diatas terlebih jika spesifikasi komputer / server anda cukup canggih untuk kinerja eksekusi program yang cepat. Namun anda disarankan untuk menekan penggunaan memory untuk optimasi kinerja Database terlebih bila anda bekerja dengan aplikasi yang besar.

0 komentar