Adakalanya saat hendak membuat laporan dengan Crystal Report di VB.Net 2008, kita perlu mengirim parameter tertentu ke Crystal Report karena kita hanya ingin menampilkan sebagian data saja dari suatu tabel.

Sebagai contoh kali ini kita menggunakan 2 buah tabel seperti berikut : (kode SQL dapat didownload di akhir postingan)



Kita hendak membuat laporan untuk buku yang kategori dan pengarangnya dapat kita tentukan sendiri, berarti kita perlu 2 parameter untuk memisahkan kategori buku dan pengarang.

Pertama buat sebuah database di SQL Server dengan nama testing dan buat tabel seperti gambar diatas (disediakan SQL Query di akhir postingan).

Buat Project baru di VB.Net 2008 dan beri nama laporan. Abaikan terlebih dahulu Form1.vb, dan buat File laporan dengan Crystal Report (Project - Add new Item - (Reporting) - Crystal Report) dan beri nama laporanparameter.rpt dan klik Add, pilih As a Blank Report dan OK.

Melalui Field Explorer pada bar kanan layar (bila tidak muncul, panggil melalui menu Crystal Report - Field Explorer) klik kanan Database Field lalu pilih Database Expert. Klik tanda + pada opsi Create New Connection dan pilih OLE DB(ADO), lalu pilih Microsoft OLE DB Provider for SQL Server dan klik Next, isikan sesuai konfigurasi database SQL Server anda (dalam hal ini saya menggunakan Integrated Security) dan klik Next lalu Finish.

Pada tab Data, drag / pindahkan tabel tbl_buku dan tbl_kategori ke sisi kanan (Selected tables), Lihat contoh gambar dibawah:



Kemudian pada tab link buat penghubung (link) antara field komik di tbl_buku dengan id di tbl_kategori. Lihat gambar:



Melalui Field Explorer, klik kanan di Parameter Fields dan pilih New. Pada Field Nama isikan kategori dan klik OK. Dengan cara yang sama, klik kanan di Parameter Fields dan pilih New. Pada Field Nama kali ini isikan pengarang.

Klik kanan di form laporan pilih Report - Selection Formula - Record. Pada parameter editor, tarik field kategori di tbl_kategori dan samakan dengan parameter kategori lalu tarik field kategori di tbl_buku dan samakan dengan field id di tbl_kategori serta tarik field pengarang di tbl_buku dan samakan dengan parameter pengarang. Lihat contoh berikut :



Buat form laporan seperti gambar berikut :



Kemudian Buat Form Baru dan berinama formlaporan.vb dan drag CrystalReportViewer di toolbox ke Form. Melalui Propertiesnya, pilih ReportSource dengan laporan yang kita buat tadi.

Untuk di Form1 Buat seperti berikut :



Untuk kode program sebagai berikut (Kode Untuk tombol Enter) :   

 Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click  
     formlaporan.laporanparameter1.SetParameterValue("kategori", TextBoxKategori.Text)  
     formlaporan.laporanparameter1.SetParameterValue("pengarang", TextBoxPengarang.Text)   
 formlaporan.Show()   
 End Sub  
Program diatas meminta nama kategori dan pengarang yang kita inginkan dibuatkan laporannya. Tombol Enter mengirim 2 parameter kategori dan pengarang ke Form Laporan.

Untuk memudahkan anda bisa download source code program di akhir postingan.  Jangan lupa untuk mengganti nama server SQL Servernya dengan nama server SQL Server di komputer / laptop anda.

Download Disini.

Baca juga di blog ini :
Anda ingin dapat uang dengan hanya menjawab survey..?

5 komentar

  1. Anonim // 12 Februari 2012 pukul 22.47  

    mantep infonya :-)
    tapi saya mau tanya nih tiap saya koneksi kan dengan sql servernya ko eror mulu ya ?
    mohon bantuannya :)

  2. Anonim // 27 Juli 2012 pukul 23.00  

    mantap gan infonya
    saya mau tanya "laporanparameter1" itu apa khan nama repornya laporanparameter doang. tq

  3. bimbingan belajar // 20 Maret 2013 pukul 21.11  

    msh bingung bos..:)

  4. Anonim // 28 Agustus 2014 pukul 05.31  

    duh terima kasih infonya bener2 membantu cari2 yg susah2 ternyata ada solusi yg simple thx ya brooo

  5. Lukman's blog // 6 September 2015 pukul 21.55  

    Gan, mau tanya kasusnya qta sudah buat parameter untuk pemilihan field satuan yang isinya ada pcs dan unit itu sudah berhasil sya buat parameternya, nah kalau buat parameter untuk semua data yang di field satuan,jadi kalau di combobox qta pilih semua yang muncul pcs dan unitnya itu gmn ya,mhon petunjuk ya,tks